Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

KONSUMERISME MAHASISWA PENDATANG DI KOTA TANJUNGPINANG

OLGA, VIRGIAN and Sri, Wahyuni and Rahma, Syafitri (2019) KONSUMERISME MAHASISWA PENDATANG DI KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
01. OLGA VIRGIAN-120569201008-FISIP-2019-SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Saat ini banyak anak-anak pendatang di luar daerah Kota Tanjungpinang yang datang untuk menuntut ilmu karena di daerah-daerah asal mereka belum ada perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi negeri. Anak-anak dari luar daerah Provinsi Kepulauan Riau ini banyak memilih Tanjungpinang sebagai tempat menimba ilmu. Mahasiswa pendatang tersebut awalnya melakukan penyesuaian diri. Para mahasiswa pendatang memperlihatkan gaya hidup tidak sesuai dengan kehidupan sesungguhnya untuk diakui keberadaan dan statusnya. Mereka membeli barang-barang yang harganya mahal. Pada awal kedatangannya mahasiswa membawa kebiasaannya masing-masing-masing, mulai cara berpakaian, cara bersikap, cara berbiara dan kebiasaan lainnya. Mereka awalnya menjalani hidup dengan apa adanya seperti yang di bawa mereka dari daerah asal mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Konsumerisme Mahasiswa Pendatang Di Kota Tanjungpinang. Penelitian data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sumber data yaitu data primer dan data skunder. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian Deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa mahasiswa pendatang di Kota Tanjungpinang banyak yang menganut konsumerisme karena membeli suatu barang lebih melihat nilai tanda, tanpa melihat nilai guna dari barang tersebut. Nilai suatu barang sudah bergeser menjadi tanda yang digunakan mahasiswa pendatang yang dijadikan tanda diri atau jati diri mereka. Mereka ingin dikatakan trendy, modern dan lain sebagainya. Ingin dianggap ada dan mampu dengan lingkungannya, sehingga barang yang dibeli mengalami pergeseran nilai. Kelahiran nilai tanda tersebut diikuti oleh nilai simbol, sehingga aktivitas konsumsi pada dasarnya bukan dilakukan karena kebutuhan, namun lebih kepada alasan simbolis: kehormatan, status, dan prestise Kata Kunci : Mahasiswa Pendatang, Konsumerisme

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 303.6 Conflict Social/Konflik Sosial
300. Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 361.1 Social Problems/Permasalahan Sosial, Masalah Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: admin fisip fisip
Date Deposited: 22 Jul 2021 08:17
Last Modified: 22 Jul 2021 08:17
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1024

Actions (login required)

View Item View Item