Yetri, Yetri and Legi, Elfitra and Indah, Pujiastuti (2019) EFEKTIVITAS MODEL SIMULASI BERBASIS MEDIA AUDIO-VISUAL PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII.A SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 BINTAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
YETRI 150388201065 BAHASA INDONESIA, SKRIPSI WORD_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode Pra-eksperimen one group pretestposttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bintan Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling pada kelas VII.A yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai pretest sebelum menggunakan Model Simulasi Berbasis Media Audio-Visual memperoleh nilai rata-rata 61,87 kategori C kualifikasi rendah, sedangkan nilai posttest setelah menggunakan Model Simulasi Berbasis Media Audio-Visual memperoleh nilai rata-rata 79,75 kategori B kualifikasi tinggi. Jadi, berdasarkan perhitungan uji t, peneliti memperoleh t hitung yaitu 1,761 sedangkan t tabel dengan dk= 32-2 = 30 yaitu 0,361. Maka dapat diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 1,761>0,361. Artinya (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Ini berarti dapat disimpulkan bahwa model Simulasi Berbasis Media Audio-Visual mampu meningkatkan hasil belajar dan efektif digunakan dalam pembelajaran Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII.A Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bintan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 10:11 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 10:11 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1066 |
Actions (login required)
View Item |