Ardian, Majid and Bony, Irawan and Erda, Muhartati (2020) PENGARUH ICE BREAKING DENGAN FEEDBACK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BINTAN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
ARDIAN MAJID_150384205001_PENDIDIKAN BIOLOGI - Ardian Majid.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh ice breaking dengan feedback terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA materi sistem gerak manusia kelas VIII SMP Negeri 3 Bintan. Alasan mengambil judul ini tersebut karena sebelumnya peneliti pernah mengajar menggunakan ice breaking tanpa menggunakan feedback, namun tidak melihat minat belajar siswa pada saat diajarkan menggunakan ice breaking. Oleh karena itu, peneliti menggunakan ice breaking dengan feedback untuk mengetahui apakah ada pengaruh ice breaking dengan fedback terhadap minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan teknik observasi dan angket. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bintan. Untuk mengukur minat belajar siswa peneliti menggunakan empat alternatif skor pada angket, setelah itu data diolah untuk mencari nilai rata-rata minat belajar siswa menggunakan statistik deskripsif. Kemudian untuk menentukan kriteria hasil pengukuran digunakan klasifikasi berdasarkan rata-rata ideal dan simpangan baku ideal. Dari hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample T Tes memperoleh bahwa nilai sig. lebih kecil dari α yang artinya H a terima dan H o ditolak. Hal ini membuktikan bahwa adanya pengaruh ice breaking dengan feedback terhadap minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 01:49 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 01:49 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1099 |
Actions (login required)
View Item |