Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM MENGGUNAKAN INDIKATOR BAHAN ALAM PADA MATERI ASAM BASA

Dwi, Wahyuningsih and Inelda, Yulita and Nina, Adriani (2020) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM MENGGUNAKAN INDIKATOR BAHAN ALAM PADA MATERI ASAM BASA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Dwi Wahyuningsih_150384204030_Kimia - Fauzizah Eka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: 1) mengembangkan instruksi praktis menggunakan indikator bahan alami pada bahan asam-basa; 2) menentukan tingkat validitas instruksi praktis menggunakan indikator bahan alami pada bahan asam-basa; 3) mengetahui tingkat kepraktisan instruksi praktis menggunakan indikator bahan alami pada bahan asam basa yang dikembangkan dan 4) meningkatkan hasil belajar siswa pada bahan asam basa dengan menggunakan instruksi praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) define, (2) desain, (3) development, (4) Disseminate. Pengumpulan data dilakukan di SMA Negeri 3 Tanjungpinang. Panduan praktik diuji pada 1 guru kimia dan 29 siswa kelas XI MIPA. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan praktik menggunakan indikator bahan alami pada bahan asam basa dinyatakan layak dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini didasarkan pada: (1) Penilaian materi ahli oleh validator I dan II dengan kategori sangat valid dengan masing-masing 88,32% dan 90%. (2) Evaluasi ahli media oleh validator II dalam kategori sangat valid dengan masingmasing 97,5% dan 95%. (3) Persentase tanggapan siswa dan guru terhadap produk yang dikembangkan masing-masing adalah 94,80% dan 94,60% dengan kedua kategori sangat praktis. (4) Hasil belajar siswa termasuk dalam kategori sedang dengan peningkatan hasil belajar (N-gain) sebesar 0,68.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 23 Jul 2021 02:45
Last Modified: 23 Jul 2021 02:45
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1109

Actions (login required)

View Item View Item