Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL DENGAN MENGGUNAKAN THREE TIER TEST DI SMA N 1 TOAPAYA

Ibrahim, Ibrahim and Febrian, Febrian and Rezky, Ramadhona (2020) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL DENGAN MENGGUNAKAN THREE TIER TEST DI SMA N 1 TOAPAYA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Ibrahim_150384202012_Pendidikanmatematika - Ib Ibrahim.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan siswa mengalami miskonsepsi. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dengan 11 siswa kelas X IPS 1 sebagai subjek penelitian yang dipilih berdasarkan hasil tes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Jenis tes yang digunakan berupa three tier test. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data tediri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun hasil yang diperoleh adalah terdapat 11% siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel. Miskonsepsi yang dialami siswa hanya terdapat pada butir soal nomor 1 dan 4 yaitu sebesar 4% dan 40%. Letak miskonsepsi siswa berupa salah dalam pemodelan matematika, salah dalam perhitungan, dan kurang teliti dalam mengerjakan soal. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa termasuk ke dalam miskonsepsi korelasional dan miskonsepsi teoritikal. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami miskonsepsi adalah konsep awal yang salah/tidak tepat, memberikan data/alasan yang tidak lengkap, dan pengalaman belajar yang kurang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 23 Jul 2021 03:48
Last Modified: 23 Jul 2021 03:48
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1127

Actions (login required)

View Item View Item