Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ANIMASI STOP MOTION UNTUK MATERI PERGESERAN KESETIMBANGAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

Jesy, Krismoniyanti and Syafsir, Akhlus and Eka Putra, Ramdhani (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ANIMASI STOP MOTION UNTUK MATERI PERGESERAN KESETIMBANGAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
JesyKrismoniyanti_150384204006_pendidikankimia - Jesy Krismoniyanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran kimia pada materi pergeseran kesetimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Terdapat kesulitan yang dialami oleh guru dalam menyampaikan materi tersebut sehingga peserta didik juga sulit untuk menerima materi yang diajarkan. Selain itu, materi ini membutuhkan tiga level pemahaman yaitu mikroskopis, makroskopis dan simbolik. Oleh karena itu perlu dikembangkan media pembelajaran interaktif animasi stop motion yang dapat mendukung peserta didik dalam mengikuti pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran interaktif animasi stop motion 2) mengetahui tingkat validitas media pembelajaran interaktif animasi stop motion 3) mengetahui tingkat praktikalitas media pembelajaran interaktif animasi stop motion 4) mengetahui tingkat efektivitas media pembelajaran interaktif animasi stop motion. Penelitian ini menggunkan metode penelitian Research and Development dengan menggunakan model 4D yang dilakukan melalui 4 tahap, yaitu define, design, development, disseminate. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru kimia dan 37 peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Tanjungpinang. Hasil penelitian yaitu 1) Penilaian ahli untuk kualitas media yang dikembangkan yaitu validator 1 sebesar 88,63%% dengan kategori sangat valid dan oleh validator 2 yaitu sebesar 96,21% dengan kategori sangat valid 2) Persentase respon guru dan peserta didik terhadap produk yang dikembangkan masing-masing sebesar 92,19% dan 87,36% dengan kategori sangat praktis 3) Hasil peningkatan minat belajar peserta didik menggunakan media pembelajaran interaktif animasi stop motion (N-gain) sebesar 0,74 yang termasuk ke dalam kategori efektivitas tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif animasi stop motion efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 23 Jul 2021 10:45
Last Modified: 23 Jul 2021 10:45
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1146

Actions (login required)

View Item View Item