Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

THE EFFECTIVENESS OF USING SMALL GROUP INTERACTION ON READING COMPREHENSION AT SMK N 5 TANJUNGPINANG (Experimental Study at the Tenth Grade of SMK N 5 Tanjungpinang)

Julia, Jelita and Gatot, Subroto and Muhammad, Candra (2020) THE EFFECTIVENESS OF USING SMALL GROUP INTERACTION ON READING COMPREHENSION AT SMK N 5 TANJUNGPINANG (Experimental Study at the Tenth Grade of SMK N 5 Tanjungpinang). S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
JULIA JELITA_150388203087_PENDIDIKANBAHASAINGGRIS - Siti Jeje.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik small group interaction pada pemahaman membaca. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dimana data disajikan secara numerik dan diuji dengan rumus statistik t test. Desain penelitian adalah desain kuasi-eksperimental yang melibatkan 36 siswa di X Nautika II Kapal Niaga sebagai eksperimental dan 36 siswa di X Nautika I Kapal Niaga sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimental diajarkan dengan menggunakan teknik Small Group Interaction dan kelas kontrol diajarkan dengan teknik cooperative script. Peneliti memberikan pre-test sebelum kegiatan pembelajaran. Setelah kegiatan belajar mengajar selesai, peneliti memberikan post-test untuk mengetahui skor pemahaman membaca siswa. Skor pre-test dan post-test dianalisis dengan uji statistik deskriptif. Kemudian, data diuji dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari penelitian ini, dapat dilihat bahwa skor rata -rata kelas eksperimental adalah 76,25 sedangkan skor rata-rata kelas kontrol adalah 61,67. Nilai t -observasi adalah 6,87 sedangkan t-tabel signifikan 0,05 dan df 70 adalah 1,66. Ini berarti bahwa t-observasi lebih tinggi dari t-tabel. Dengan demikian, hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil uji-t dan perbedaan antara nilai ratarata kelas eksperimen dan kelas kontrol, dapat disimpulkan bahwa teknik small group interaction memiliki efektivitas yang signifikan terhadap kemampuan membaca pada siswa kelas sepuluh di SMK N 5 Tanjungpinang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
400. Bahasa > 418.4 Reading/Membaca
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 23 Jul 2021 10:49
Last Modified: 23 Jul 2021 10:49
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1153

Actions (login required)

View Item View Item