Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI 10 TANJUNGPINANG

Jumaira, Jumaira and Nevrita, Nevrita and Erda, Muhartati (2020) PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI 10 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Jumaira_ 150384205010_Biologi - Sulisa ica.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model role playing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tanju ngpinang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian Pretest Post-test Control Group Desain. Variabel terikat dalam penelitian ini adalahhasil belajar siswa pada ranah kognitif. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tanjungpinang yang berjumlah 65 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model role playing dan kelas kontrol menggunakan model cooperatife learning. Materi yang diajarkan yaitu sistem pencernaan manusia dengan melakukan alur cerita untuk bermain peran. Data penelitian didapatkan dari hasil pre-test, post-test, angket respon siswa dan angket keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menggunakan uji t test menunjukkan bahwa ada pengaruhpositif dan signifikan pada hasil post-tets kognitif siswa setelah menggunakan model role playing pada materi sistem pencernaan manusia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 23 Jul 2021 10:55
Last Modified: 23 Jul 2021 10:55
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1155

Actions (login required)

View Item View Item