Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CCR (COLLOID CHEMISTRY ROLL) BERBASIS ELEKTRONIK

Lucsy, Thelyana and Friska Septiani, Silitonga and Nina, Adriani (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CCR (COLLOID CHEMISTRY ROLL) BERBASIS ELEKTRONIK. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
LucsyThelyana_150384204007_PendidikanKimia - lucsy thelyana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara, ketuntasan klasikal pada materi koloid dibawah rata-rata sekitar 60%. Hal ini karena dalam proses pembelajaran pada materi koloid guru tidak menggunakan media pembelajaran, sehingga peserta didik cenderung menghafal tanpa memahami materi dan menyebabkan rendahnya motivasi belajar peserta didik. Guru dan peserta didik mengemukakan bahwa sangat tertarik menggunakan media pembelajaran seperti permainan. Oleh karena itu, perlu dikembangkan media pembelajaran CCR (Colloid Chemistry Roll) berbasis elektronik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran CCR berbasis elektronik 2) mengetahui tingkat validitas media pembelajaran CCR berbasis elektronik 3) mengetahui tingkat praktikalitas media pembelajaran CCR berbasis elektronik 4) mengetahui tingkat efektivitas media pembelajaran CCR berbasis elektronik. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development , dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu 1) analysis 2) design 3) development 4) implementation 5) evaluation. Subjek penelitian adalah 1orang guru kimia dan 36 peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Tanjungpinang. Hasil penelitian yaitu 1) Penilaian ahli materi sebesar 98,4% dengan kategori sangat valid dan ahli media sebesar 78,34% dengan kategori valid 2) Persentase hasil praktikalitas peserta didik dan guru terhadap produk yang dikembangkan masing-masing sebesar 87,5% dan 91,07% dengan kategori sangat praktis 3) Hasil efektivitas peserta didik terhadap produk yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat efektif dengan peningkatan motivasi belajar (N-gain) 0,76. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran CCR berbasis elektronik efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 23 Jul 2021 11:09
Last Modified: 23 Jul 2021 11:10
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1159

Actions (login required)

View Item View Item