Teguh, Kusuma and Febrian, Febrian and Rezky, Ramadhona (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR SMP NEGERI 15 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
M. TEGUH DWI KUSUMA_150384202049_PENDIDIKAN MATEMATIKA - Muhammad Teguh Dwi Kusuma.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan spasial matematis siswa dengan model pembelajaran PMRI pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar siswa SMP Negeri 15 Tanjungpinang. Hasil penelitian ini diperoleh dengan cara mengukur peningkatan yang terjadi pada kelas yang diberi perlakuan PMRI dan kelas dengan metode konvensional. Setelah diperoleh hasil peningkatan kemampuan spasial matematis, kemudian peneliti membandingkan untuk melihat peningkatan yang lebih tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian eskperimen berbentuk The Randomized Pretest-Posttest Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 15 Tanjungpinang. Penentuan sampel untuk kelas eksperimen dan kelas control dalam penelitian ini dilakukan secara acak. Pada kelas kelas eksperimen diberikan perlakuan PMRI sedangkan pada kelas kontrol diberikan metode konvensional. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa terdapat peningkatan kemampuan spsial matematis siswa yang diberi perlakuan PMRI lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hal ini terbukti pada rata-rata peningkatan kemampuan spasial pada kelas eksperimen sebesar sedangkan pada kelas konvensional . Hasil yang didapat pada uji hipotesis dengan statistic parametik, yaitu Independent Sample Ttest dengan menggunakan taraf signifikasi 0,05 (5%), diperoleh perbedaan rata rata peningkatan kemampuan spasial matematis yang signifikan, yaitu nilai sig (1-tailed) , yang berabti ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan spasial matematis siswa dengan model pembelajaran PMRI lebih tinggi dari pada metode konvensioanl pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 11:13 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 11:13 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1160 |
Actions (login required)
View Item |