Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION PADA MATERI PENYAJIAN DATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 BINTAN

Nartia, Nartia and Nur, Izzati and Rezky, Ramadhona (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION PADA MATERI PENYAJIAN DATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 BINTAN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Nartia_130384202521_Pendidikanmatematika - NARTIA KASIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Explicit Instruction di kelas VII SMP Negeri 8 bintan. Jenis penelitian yang di gunakan adalah quasi eksperimen dengan desain None Quivalent Control Grup. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol yang di tentukan dengan melalui teknik pengambilan sampel simple random sampling. Kelas eksperimen pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Explicit Instruction dan kelas kontrol pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan intrumen tes pada materi penyajian data yang berbentuk essay dan observasi. Dari hasil analisis di peroleh rata-rata peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 0,3492, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 0,2224. Hasil sig, (2-tailed) pada uji independent t-test menunjukan hasil sebesar 0,093 dengan α= 0,05, karena menggunakan uji satu pihak yaitu pihak kanan maka berdasarkan kriteria x nilai sig. (2-tailed) ≤ α H0 di tolak. Sehingga 0,145 ≤ 0,05 yang berarti terjadi bahwa penolakan H 0 dan terima H I . Jadi dapat di simpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran model pembelajaran Explicit Instruction lebih tinggi dari pada yang memperoleh pembelajaran konvensional pada materi penyajian data.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 23 Jul 2021 12:17
Last Modified: 23 Jul 2021 12:17
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1179

Actions (login required)

View Item View Item