Nor, Evtiana and Suhardi, Suhardi and Siti, Habiba (2020) ANALISIS GAYA BAHASA KUMPULAN PUISI MENUJU BAIK ITU BAIK KARYA PANJI RAMDANA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK KELAS VIIISEKOLAH MENENGAHPERTAMA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Nor Evtiana_150388201017_Pendidikan Bahasa Indonesia - Dwi Arimi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Gaya bahasa adalah bahasa yang digunakan untuk meningkatkan efek dengan cara memperkenalkan serta membandingkan suatu benda atau unsur-unsur tertentu. Kajian tentang dalam karya sastra. Salah satu bentuk karya sastra adalah puisi. Puisi merupakan kata-kata indah dalam susunan terindah yang tidak pernah lepas dari penggunaan gaya bahasa. Gaya bahasa yang terdapat dalam puisi biasanya berupa gaya bahasa pertentanagan, Penelitian ini difokuskan pada gaya bahasa pertentanagan yang digunakan dalam kumpulan puisi karya Panji Ramdana. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan gayabahasa pertentangan serta memaparkan perangkat pembelajaran bahasa Indonesia berupa RPP menggunakan kumpulan puisi Menuju Baik Itu Baik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah teks kumpulan puisi Menuj u BaikItuBaik KaryaPanji Ramdana.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknikbaca, identifikasi, dan teknik catat.Sedangkan teknik analisis menggunakan analisisi (content). Selanjutnya, instrument dalam penelitian ini adalah peneliti dan instrument pendukung adalah tabel.Hasil penelitian ini adalah pengunaan gayabahasa pertentangan dalam puisi ini adalah semua puisi bersajak, menggunakan irama pelan karena rata-rata berisi tentang kisah sendu dan kesedihan tentang jodoh. Sedangkan nada dan suasana yang terbangkitkan adalah rata-rata menimbulkan suasana sendu atau sedih bagi pembaca.Kemudiangayabahasa yang banyakdigunakanadalahgayabahasaoksimoron, paradoks, antifrasis, hiperbola, litotes, ironi, sinisme, sarkasme, paronomasia, paralipsis, zeugma dansilipsis, innuendo, klimaks, apostrof, anastrofatau inverse, apofasis, historon, hipalase. Yang berfungsi untuk keindahan. Kemudian setelah menganalisis, disusun perangkat pembelajaran mengenai puisi dari analisis puisi-puisitersebut.Perangkat pembelajaran yang disusun adalah RPP yang berfungsi untuk membantu siswa dan guru dalam proses belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 800. Kesustraan > 808.1 Rhetoric of Poetry/Retorik Puisi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 12:29 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 12:29 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1182 |
Actions (login required)
View Item |