Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNGPINANG

Novia Sakina, Putri and Nur, Izzati and Linda, Rosmery (2020) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Novia Sakina Putri_150384202058_Pendidikan Matematika - Ramika Tamila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan Contextual Teaching and Learning berorientasi Higher Order Thinking Skill di kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungpinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain pretestpostest control group. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungpinang Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas. Penelitian ini mengambil dua kelas sampel yang diambil dengan cara mengundi enam kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungpinang, didapatkan kelas VII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes HOTS untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perbandingan. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 0,53 , sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas kontrol sebesar 0,43. Hasil Sig. (2-tailed) pada uji Independent t-test menunjukkan nilai sebesar 0.049. Karena uji yang dilakukan adalah uji satu pihak (uji pihak kanan), maka nilai Sig. = × nilai Sig. (2-tailed)= × 0.049 = 0.0245 dan 0.0245 ≤ 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak artinya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan Contextual Teaching and Learning berorientasi Higher Order Thinking Skill lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 23 Jul 2021 12:41
Last Modified: 23 Jul 2021 12:42
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1185

Actions (login required)

View Item View Item