Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X SMA/MA

Ove Roza Putri, R.Linge and Syafsir, Akhlus and Inelda, Yulita (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X SMA/MA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
OVE ROZA PUTRI R.LINGE_150384204016_ KIMIA - ove roza putri r.linge.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, tidak terkecuali pada bidang pendidikan yang juga merasakan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang telah membuat pendidikan dan ilmu pengetahuan saat ini semakin maju. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran menggunakan mobile learning berbasis android pada materi ikatan kimia kelas X SMA/MA; 2) mengetahui validitas media pembelajaran menggunakan mobile learning berbasis android pada materi ikatan kimia kelas X SMA/MA; 3) mengetahui praktikalitas media pembelajaran menggunakan mobile learning berbasis android pada materi ikatan kimia kelas X SMA/MA oleh peserta didik dan guru. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development ( R&D), dengan model ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan) dan Evaluation (evaluasi), dalam penelitian ini hanya digunakan sampai tahap implementation. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Tanjungpinang, dengan subjek penelitian 38 peserta didik kelas X dan 1 orang guru kimia. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis android pada materi ikatan kimia kelas X SMA/MA dinyatakan valid dan sangat praktis. Hal tersebut berdasarkan: 1) Penilaian oleh ahli materi sebesar 78,12% dengan kategori valid dan ahli media sebesar 70,00% dengan kategori valid; 2) Persentase praktikalitas peserta didik dan guru terhadap produk yang dikembangkan masing-masing sebesar 89,63% dan 90,62% dengan kategori keduanya sangat praktis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 000 Karya Umum > 000. Ilmu Umum dan Komputer > 005.3 Programs/Program
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 23 Jul 2021 13:37
Last Modified: 23 Jul 2021 13:37
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1201

Actions (login required)

View Item View Item