Rahmah, Hidayani and Ardi Widhia, Sabekti and Inelda, Yulita (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF MENGGUNAKAN APLIKASI LECTORA INSPIRE PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Rahmah Hidayani1_160384204008.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan edukatif menggunakan aplikasi Lectora Inspire pada materi kesetimbangan kimia yang valid, praktis dan efektif. Media permainan edukatif yang dikembangkan dapat membantu memudahkan siswa dalam proses pembelajaran pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini mengacu pada model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), Evaluation (Penilaian). Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dikategorikan sangat valid dengan persentase yang diperoleh 88% untuk validasi materi dan 89% untuk validasi media. Ditinjau dari aspek praktikalitas diperoleh persentase respon guru 88% dengan kategori sangat praktis dan ditinjau dari respon siswa diperoleh persentase sebesar 84% dengan kroteria sangat praktis. Pada aspek efektivitas diperoleh hasil belajar dengan nilai pretest dan posttest mendapat hasil N-Gain 0,5 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan media permainan edukatif menggunakan aplikasi Lectora Inspire pada materi kesetimbangan kimia dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 23:46 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 23:46 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1210 |
Actions (login required)
View Item |