Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN KELAS VII SMP NEGERI 10 TANJUNGPINANG

Ramika, Tamila and Febrian, Febrian and Linda, Rosmery (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN KELAS VII SMP NEGERI 10 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Ramika Tamila-150384202025 - Ramika Tamila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Kegiatan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari tidak lepas dari ilmu matematika. Pembelajaran matematika disekolah tidak hanya bertujuan agar peserta didik paham dengan materi yang diajarkan, peserta didik yang memahami materi diharapkan dapat menerapkan materi yang diajarkan dalam kehidupannya. Oleh sebab itu peserta didik dituntut mampu menghubungkan, mengaitkan, mengolah serta memodifikasi pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya dalam rangka menyelesaiakan permasalahan yang dihadapinya. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir dimana peserta didik mampu menemukan dan membatasi informasi yang diketahui dan ditanyakan, menjeleskan hubungan kedua informasi, mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan, merancang strategi efektif untuk menyelesaikan masalah dan mampu menerapkannya, mendeteksi kesalahan dan mampu memperbaiki serta mampu memberikan pembuktian jawaban yang diperoleh dan menyimpulkannya. Karena itu penting untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis yang dimiliki peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII dalam menyelesaikan masalah matematika dan mengetahui penyebab dari kurangnya kemsampuan berpikir krtitis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 10 Tanjungpinang tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMPN 10 dalam menyelesaikan soal operasi pecahan terbagi menjadi 3 tingkatan. Tingkatan pertama peserta didik dengan kemampuan berpikir kr itis tinggi dalam menyelesaikan soal dapat memenuhi tahap berpikir kritis yaitu klarifikasi dasar, memberi alasan untuk suatu keputusan, menyimpulkan, klarifikasi lebih lanjut, dan tahap dugaan/keterpaduan(48%). Tingkatan kedua peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis sedang dapat memenuhi Tahap berpikir kritis yaitu kalrifikasi dasar, menyimpulkan, dan tahap dugaan/keterpaduan(35%). Tingkatan ketiga peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis rendah hanya mampu memenuhi tahap klarifikasi dasar dan menyimpulkan(17%)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 23 Jul 2021 23:48
Last Modified: 23 Jul 2021 23:48
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1211

Actions (login required)

View Item View Item