Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Efektivitas Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dengan Konteks Kemaritiman dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matemtais Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 2 Tanjungpinang

Rendra Adjie, Prawira and Febrian, Febrian and Rezky, Ramadhona (2020) Efektivitas Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dengan Konteks Kemaritiman dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matemtais Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 2 Tanjungpinang. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Rendra Adjie Prawira_150384202027_Pendidikan Matematika - Rendra Adjie.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran pendidikan matematika realistik Indonesia dengan konteks kemaritiman dibandingkan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Tanjungpinang tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel yang di ambil dengan teknik acak kelas, yaitu kelas X MIA 3 dengan jumlah siswa 38 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 6 yang berjumlah 40 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan tes kemampuan berpikir kritis matematis pada materi sistem persamaan linear kuadrat dua variabel. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan kemapuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,54, sedangkan rata-rata peningkatan kelas kontrol sebesar 0,33. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-tes pada taraf signifikansi 5% atau (α = 0,05), diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000. Dalam penelitian ini menggunakan uji satu pihak (pihak kanan) diperoleh sig 0,000 dimana p-value < α, maka Ho ditolak. Hal ini berarti peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran pendidikan matematika realistik Indonesia dengan konteks kemaritiman lebih tinggi dari pada yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 23 Jul 2021 23:54
Last Modified: 23 Jul 2021 23:54
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1214

Actions (login required)

View Item View Item