Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang Belajar melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education pada Materi Peluang di Kelas VIII SMP Negeri 5 Tanjungpinang

Renny, Fauzila and Linda, Rosmery and Nur, Izzati (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang Belajar melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education pada Materi Peluang di Kelas VIII SMP Negeri 5 Tanjungpinang. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
RENNY FAUZILA_150384202062_Pendidikan Matematika - renny fauzila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar melalui pendekatan Realistic Mathematics Education pada materi peluang di kelas VIII SMP Negeri 5 Tanjungpinang. Dalam memecahkan masalah matematis berdasarkan teori Polya diperlukan 4 tahap pemecahan masalah yaitu tahap memahami masalah, merencanakan strategi pemecahan masalah, melaksanakan strategi pemecahan masalah dan memeriksa kembali hasil pemecahan masalah. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 5 Tanjungpinang yang berjumlah 33 siswa. Dari 33 siswa yang mengikuti tes dipilih beberapa siswa yang akan diwawancarai sebagai tindak lanjut dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini ialah menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan secara umum kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan teori Polya yaitu kemampuan memahami masalah sebesar 19%, kemampuan merencanakan strategi sebesar 34%, kemampuan melaksanakan strategi sebesar 34% dan kemampuan memeriksa kembali sebesar 13%. Hasil menunjukkan bahwa tahap pemecahan masalah yang masih rendah atau lemah dimiliki oleh siswa ialah tahap memahami masalah dan tahap memeriksa kembali, hal ini disebabkan karena siswa kurang memahami informasi yang terdapat pada soal dan ketidakmampuan siswa dalam memeriksa kembali hasil pemecahan masalah yang diperoleh.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 23 Jul 2021 23:58
Last Modified: 23 Jul 2021 23:58
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1216

Actions (login required)

View Item View Item