Ryanda Bima, Jatra and Nevrita, Nevrita and Nurul, Asikin (2020) Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di SMAN 2 Tanjungpinang. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Ryanda Bima Jatra _140384205038_Pendidikan Biologi - ryanda bima.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan smartphone terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran biologi di SMAN 2 Tanjungpinang. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tanjungpinang dengan jumlah sampel 243 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari angket penggunaan smartphone, angket motivasi belajar dan dokumenta si untuk hasil belajar kognitif. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan SPSS for windows version 22 diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan pada penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar siswa dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan t-hitung > t-tabel yaitu 6,832 > 1960. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan pada penggunaan smartphone terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan t -hitung > t-tabel yaitu 8,704 > 1960. Pengaruh penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar berada pada kategori sangat rendah 16,2% sedangkan pengaruh penggunaan smartphone terhadap hasil belajar kognitif berada pada kategori rendah 23,9%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 00:15 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 00:15 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1223 |
Actions (login required)
View Item |