Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan Media Pembelajaran “TEGAK” pada Materi Sistem Koloid untuk Siswa SMA Kelas XI MIPA

Selly, Andrian and Fitriah, Khoirunnisa and Friska Septiani, Silitonga (2020) Pengembangan Media Pembelajaran “TEGAK” pada Materi Sistem Koloid untuk Siswa SMA Kelas XI MIPA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Selly Andriani_140384204049_Pendidikan Kimia - selly andriani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh teknologi yang berdampak terhadap pendidikan dan kebutuhan siswa. Game menjadi salah satu teknologi yang sering dimainkan oleh kalayak ramai termasuk siswa. Game pembelajaran dikembangkan pada materi sistem koloid berbentuk buku media sehingga siswa dapat belajar sambil bermain tanpa menjadi ketergantungan terhadap android dan elektronik lainnya. Penelitian ini bertujuan (1) mengembangkan media pembelajaran TEGAK pada materi sistem koloid dengan model pengembangan ADDIE (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran TEGAK pada materi sistem koloid (3) mengetahui praktikaitas media pembelajaran TEGAK pada materi sistem koloid. Penelitian ini dikembangkan menggunakan metode Research and Development, dengan mengadaptasi model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations) yang dilakukan dengan 4 tahap yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation. Objek penelitian merupakan media TEGAK sebagai pendukung materi sistem koloid. Subjek penelitian adalah 20 orang siswa SMA Negeri 3 Tanjungpinang. Pengujian penelitian melalui ahli media, ahli materi, serta guru dan siswa SMA Negeri 3 Tanjungpinang sebagai responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media TEGAK dinyatakan layak dan praktis digunakan untuk digunakan oleh siswa. Hal ini berdasarkan: (1) penilaian oleh ahli media sebesar 86,6% dengan kategori sangat valid dan penilaian oleh ahli materi sebesar 85% dengan kategori sangat valid. (2) persentase respon guru dan siswa terhadap produk yang dikembangkan masing-masing sebesar 80% dan 89,5% dengan kategori sangat praktis. Pengembangan media pada materi koloid meliputi jenis-jenis koloid, sifat-sifat koloid, cara pembuatan koloid dan peranan koloid dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 24 Jul 2021 00:30
Last Modified: 24 Jul 2021 00:30
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item