Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran ARIAS dengan Konteks Kearifan Lokal di Kelas VII SMP Negeri 4 Bintan

Siti Akmarliani, Nanda and Febrian, Febrian and Rezky, Ramadhona (2020) Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran ARIAS dengan Konteks Kearifan Lokal di Kelas VII SMP Negeri 4 Bintan. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Siti Akmarliani Nanda_150384202033_pendidikanmatematika - Siti Akmarliani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model pembelajaran ARIAS dengan konteks kearifan lokal lebih tinggi dari siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. Jenis penelitian yaitu quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bintan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 3 kelas. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas sampel yang diambil secara acak kelas, yaitu kelas VII C yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan tes kemampuan pem ecahan masalah matematis siswa pada materi himpunan. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,562, sedangkan rata-rata peningkatan kelas kontrol sebesar 0,487. Berdasarkan hasil perhitungan uji statistik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kedua kelompok pembelajaran dengan menggunakan Independent Sample Ttest pada taraf signifikansi 5% atau (α = 0,05), diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,076. Dalam penelitian ini menggunakan uji satu pihak (pihak kanan) diperoleh sig. 0,038 dimana p-value < α, maka H0 ditolak. Hal ini berarti peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model pembelajaran ARIAS dengan konteks kearifan lokal lebih tinggi dari yang memperoleh pembelajaran secara konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 24 Jul 2021 00:32
Last Modified: 24 Jul 2021 00:32
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1230

Actions (login required)

View Item View Item