Sri, Sismawati and Rayandra, Asyhar and Nina, Adriani (2020) Pengembangan Media Video Tutorial Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Korosi. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Sri Sismawati_150384204044_Kimia.pdf. - Sri Sismawati Alfaira A.R.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pergantian kurikulum dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ke Kurikulum 2013. Pada Kurikulum 2013 kegiatan pembelajaran menekankan pada pendekatan ilmiah. Banyak cara atau model pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam penerapan pendekatan ilmiah salah satunya model Problem Based Learning. Oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman guru dan calon guru, dibutuhkan media yang praktis, mudah digunakan dan dioperasikan kapan dan dimana saja. Salah satu jenis media yang bisa digunakan ialah video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan media video tutorial penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi korosi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yaitu define, design, development, disseminate. Tetapi penulis membatasi penelitian ini sampai tahap development. Media video tutorial ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Subjek penelitian adalah 2 orang guru kimia dan 20 peserta didik di MAN Tanjungpinang kelas XII IPA. Uji coba produk dilakukan menggunakan angket dan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Desain pengembangan media video tutorial menggunakan desain 4D. 2) Kelayakan media video tutorial ditinjau dari validasi materi sebesar 87,5% dengan kategori sangat valid tanpa revisi dan validasi media sebesar 91,66% dengan kategori sangat valid tanpa revisi. 3) Kelayakan media video tutorial ditinjau dari uji praktikalitas memperoleh hasil 82,46% dengan kategori sangat praktis untuk uji praktikalitas oleh guru dan 83,34% dengan kategori sangat praktis untuk uji praktikalitas peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media video tutorial penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi korosi sangat layak dan sangat praktis digunakan pada proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 00:45 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 00:45 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1235 |
Actions (login required)
View Item |