Stevanus, Trionanda and Nur, Izzati and Rezky, Ramadhona (2020) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Konteks Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Pada Materi Koordinat Cartesius. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
stevanus trionanda-150384202068-pendidikan matematika - stevanus trionanda.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Internet membawa dampak besar bagi semua kalangan, terutama pada penyampaian informasi. Hal ini berdampak pada minat belajar yang merupakan aspek afektif yang perlu dibangun dalam diri siswa karena merupakan dorongan yang timbul dari siswa untuk belajar. Selain itu, untuk mewujudkan misi kementrian pendidikan untuk mewujudkan pendidikan dengan budaya yang kuat, Maka dari itu perlu ada upaya untuk menerapkan model pembelajaran yang menarik perhatian siswa untuk belajar serta mengenalkan siswa pada budaya Kepulauan Riau. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran quantum learning dengan konteks budaya lokal sebagai model pembelajaran alternatif yang diperkirakan dapat memicu peningkatan minat belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan minat belajar siswa yang mendapat pembelajaran melalui model pembelajaran quantum learning dengan konteks budaya lokal lebih tinggi daripada peningkatan minat belajar siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. Peneliti menerapkan desain kuasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 56 siswa kelas VIII SMP Katolik Tanjungpinang. Hipotesis penelitian ini diuji dengan taraf signifikansi 5%, menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan signifikan minat belajar matematika siswa yang diberikan pembelajaran melalui model pembelajaran quantum learning dengan konteks budaya lokal dibandingkan siswa yang diberikan pembelajaran dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 00:51 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 00:51 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1237 |
Actions (login required)
View Item |