Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan Modul Pembelajaran Elektronik Terintegrasi Augmented Reality pada Materi Termokimia

Umi, Salamiati and Eka Putra, Ramdhani and Ardi Widhia, Sabekti (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran Elektronik Terintegrasi Augmented Reality pada Materi Termokimia. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Umi Salamiati_160384204035_Kimia - Baru Ahmad.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Pemahaman peserta didik yang rendah terhadap materi termokimia, yang disebabkan kemampuan konseptual dan algoritma matematis peserta didik yang rendah. Hal ini juga disebabkan oleh pengembangan bahan ajar yang dilakukan oleh guru kurang. Dalam pengembangannya, bahan ajar dapat digunakan dengang teknologi tertentu, salah satunya ialah teknologi AR. Teknologi AR memiliki tampilan visual yang menarik sehingga mampu menarik perhatian peseta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul pembelajaran elektronik terintegrasi augmented reality pada materi termokimia; 2) mengetahui validitas dari modul pembelajaran elektronik terintegrasi augmented reality pada materi termokimia; 3) mengetahui praktikalitas dari modul pembelajaran elektronik terintegrasi augmented reality pada materi termokimia; 4) mengetahui efektivitas dari modul pembelajaran elektronik terintegrasi augmented reality pada materi termokimia dalam meningkatkan kemampuan spasial peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan model penelitian 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Sumber data dari penelitian ini berasal dari guru dan peserta didik di SMA Negeri 1 Tanjungpinang dan SMA Negeri 3 Tanjungpinang. Hasil validasi materi dan media pada modul pembelajaran elektronik terintegrasi augmented reality pada materi termokimia diperoleh hasil 98% dan 97% dengan kriteria sangat valid. Hasil praktikalitas guru terhadap modul pembelajaran elektronik terintegrasi augmented reality pada materi termokimia memperoleh hasil 80% yang termasuk dalam kriteria praktis dan praktikaliats peserta didik memperoleh hasil 84,13% yang termasuk dalam kriteria praktis. Hasil efektivitas yang diukur dengan menggunakan N gain pada pretest dan posttest memperoleh hasil 0,514 yang termasuk kategori sedang dan modul pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan kurang efektif dalam meningkatkan kemampuan spasial peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disumpalkan bahwa modul pembelajaran elektronik terintegrasi augmented reality pada materi termokimia valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 24 Jul 2021 01:07
Last Modified: 24 Jul 2021 01:07
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1245

Actions (login required)

View Item View Item