Toni, Heriyanto and Nevrita, Nevrita and Bony, Irawan (2020) PROBLEMATIKA YANG DIHADAPI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UMRAH PADA PELAKSANAAN PLP DITINJAU DARI 4 KOMPETENSI GURU. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
(Toni Heriyanto_160384205004_Pendidikan Biologi) - Toni Heriyanto.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi mahasiswa pada pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Persekolahan ditinjau dari 1) kompetensi pedagogik; 2) kompetensi kepribadian; 3) kompetensi profesional; dan 4) kompetensi sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yang telah mengikuti pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Persekolahan yang berjumlah 63 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunak an adalah angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif melalui perhitungan Mean, Median, Modus, dan Standar Deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yang telah mengikuti pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Persekolahan: 1) sebagian besar mengalami kesulitan terkait dengan kompetensi pedagogik. Hal tersebut dapat dilihat dari frekuensi tertinggi terletak pada kategori sangat menghadapi problematika dengan jumlah 41 mahasiswa; 2) sebagian besar mengalami kesulitan terkait dengan kompetensi kepribadian. Hal tersebut dapat dilihat dari frekuensi tertinggi terletak pada kategori sangat menghadapi problematika dengan jumlah 24 mahasiswa; 3) sebagian mengalami kesulitan terkait dengan kompetensi profesional. Hal tersebut dapat dilihat dari frekuensi tertinggi terletak pada kategori sangat menghadapi problematika dengan jumlah 36 mahasiswa; dan 4) sebagian besar juga mengalami kesulitan terkait dengan kompetensi sosial. Hal terseb ut dapat dilihat dari frekuensi tertinggi terletak pada kategori sangat menghadapi problematika dengan jumlah 29 mahasiswa. Hasil ini memberikan gambaran bahwa kompetensi guru menjadikan suatu masalah yang dihadapi bagi mahasiswa calon guru dalam pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Persekolahan, baik itu kompetensi pedagogik, kepribadian, professional, dan sosial.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 05:00 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 05:00 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1253 |
Actions (login required)
View Item |