Ade Trisman, WIjaya and Linda, Rosmery and Trisna, Amelia (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Probing Promting Berbasis Etnomatematika pada materi segitiga. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
AdeTrismanWijaya_160384202061_PendidikanMatematika - Ade Trisman Wijaya.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembel ajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), dan soal tes pemahaman konsep pada materi segitiga dengan model pembelajaran probing prompting berbasis etnomatematika untuk siswa SMP kelas VII semester II. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan hasil pengembangan perangkat dengan model pembelajaran probing prompting berbasis etnomatematika untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah R&D (research and development) atau pengembangan, dengan tahapan penelitian; define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), untuk tahap disseminate (penyebaran) pada penelitian ini tidak dapat dilakukan dengan alasan kesehatan yang mengharuskan sekolah diliburkan. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran materi segitiga dengan model pembelajaran probing prompting berbasis etnomatematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian perangkat pembelaja ran untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), dan tes pemahaman konsep matematis siswa pada materi segitiga. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada tahap validasi para ahli menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran probing prompting berbasis etnomatematika dikategorikan valid dengan diperoleh hasil rata-rata pada perangkat rpp sebesar 77,27 % dengan kriteria valid, dan pada perangkat lkpd diperoleh rata rata sebesar 77,07 % dengan kriteria valid dan pada 4 butir soal pada tes pemahaman konsep matematis siswa dinyatakan valid dari aspek bahasa dan isi oleh ketiga ahli. Secara keseluruhan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 05:10 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 05:10 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1255 |
Actions (login required)
View Item |