Al Aziz Idwal, Yanmadika and Nur, Izzati and Rezky, Ramadhona (2020) Rancangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering And Mathematics Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Al Aziz Idwal Yanmadika_160384202046_Matematika - yanmadika 99.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Dengan berubahnya era menyebabkan perlu adanya suatu perubahan terutama di bidang pendidikan salah satu perubahan yang terjadi di pendidikan terutama di Indonesia adalah penerapan kurikulum 2103 diaman kurikulum 2013 ini sangat sesuai dengan suatu pendekatan yaitu STEM karena pendekatan STEM mrupakan pendekatan yang tergolong baru di dunia pendidikan Indonesia menyebabkan kurangnya perangkat pembelajaran yang menggunakan pendekatan STEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan hasil belajar pada mater bangun ruang sisi datar yang valid. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Data dalam penelitian dikumpulkan dengan metode angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi ahli, lembar validasi teman sejawat. Data dianalisis dengan menggunakan metode MSR untuk mengukur kevalidan dari perangkat pembelajaran dengan pendekatan STEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan pendekatan STEM memenuhi kriteria valid dengan dominansi penilaian berada pada kategori vali dengan persentase yang didapatkan pada perangkat pembelajaran RPP dengan nilai persentase 75%, LKPD dengan persentase 70% dan lembar soal hanya 3 soal yang dinyatakan tidak valid
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 05:50 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 05:50 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1259 |
Actions (login required)
View Item |