Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI SMA

Amri Suganda, Sianturi and Trisna, Amelia and Nurul, Asikin (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI SMA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
AMRI SUGANDA SIANTURI_160384205043_PENDIDIKAN BIOLOGI-1 - 160384205043 Amri Suganda Sianturi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD Berorientasi Pendekatan STEM pada Materi Sistem Pencernaan yang valid dan praktis untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran siswa kelas XI SMA. Pendekatan STEM merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan aspek sains, teknologi, enjiniring, dan matematika ke dalam suatu pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model penelitian yang dikembangkan adalah model 4-D Thiagarajan dan Semmel. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap yaitu: 1) tahap define atau pendefinisian (analisis awal-akhir, analisis peserta didik, analisis materi, merumuskan tujuan); 2) tahap design atau perancangan (pemilihan media, pemilihan format, rancangan awal); 3) tahap develop atau pengembangan (validasi ahli media, validasi materi, uji praktikalitas oleh guru dan peserta didik); dan 4) tahap disseminate atau penyebaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan LKPD Berorientasi Pendekatan STEM pada Materi Sistem Pencernaan didapatkan hasil rata-rata validasi media sebesar 91,25% dengan kategori “sangat valid” dan hasil rata-rata ahli materi diperoleh sebesar 86,8% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji praktikalitas oleh guru memperoleh hasil sebesar 82,5% dengan kategori “praktis” dan uji praktikalitas oleh siswa memperoleh hasil sebesar 85% dengan kategori “praktis”. Dengan hasil tersebut, maka dapat dinyatakan LKPD Berorientasi Pendekatan STEM pada Materi Sistem Pencernaan valid dan praktis untuk digunakan siswa kelas XI SMA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 24 Jul 2021 10:43
Last Modified: 24 Jul 2021 10:43
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1282

Actions (login required)

View Item View Item