Eka, Suraningsih and Nur, Izzati and Rezky, Ramadhona (2020) Analisis Self-efficacy Mahasiswa Berdasarkan Gender pada Mata Kuliah Kalkulus Integral di Universitas Maritim Raja Ali Haji. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Eka Suraningsih_160384202032_Pendidikanmatematika - eka suraningsih.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan self-efficacy mahasiswa berdasarkan gender pada mata kuliah kalkulus integral di Universitas Maritim Raja Ali Haji. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika yang mengambil mata kuliah kalkulus integral pada tahun ajaran 2019/2020 yang diambil sebanyak 13% dari seluruh subjek. Setelah didapatkan 16 subjek, selanjutnya subjek tersebut diberikan angket self-efficacy secara online dengan menggunakan google formulir dikarenakan pembelajaran dilakukan secara daring akibat pandemi COVID-19. Karena penelitian ini membandingkan antara self-efficacy laki-laki dan perempuan maka dari 16 subjek tersebut terdapat proporsi laki-laki dan perempuan 8:8. Sedangkan berdasarkan tingkat self-efficacy sangat tinggi, tinggi dan cukup memiliki proporsi 3:10:3. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara dengan instrumen penelitian yaitu lembar angket self-efficacy dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada mata kuliah kalkulus integral mahasiswa laki-laki cendrung memiliki self-efficacy lebih tinggi daripada perempuan dari segala aspek self-efficacy baik performance experience. vicarious experience, verbal persuasion, maupun physiological dan affective states. Mahasiswa perempuan lebih cemas ketika mendapat pengalaman masa lalunya yang jelek, lebih mudah putus asa ketika tidak bisa menjawab soal kalkulus integral. Sedangkan laki-laki memiliki lebih keyakinan dalam mengolah pengalaman masa lalunya dalam menegrjakan soal-soal kalkulus integral agar menjadi lebih baik, menjadikan pendapat orang lain sebagai pembangkit motivasi, serta dapat mengontrol kondisi emosinya (mood).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 01:52 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 01:52 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1335 |
Actions (login required)
View Item |