Fitri, Rahayu (2020) Pengaruh Pemberian Penguatan terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2019/2020. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Fitri Rahayu-160388201042-Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - fitri rahayu.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi untuk melihat pengaruh pemberian penguatan terhadap motivasi belajar di Sekolah Menengah Pertama negeri 1 Tanjungpinang. Objek penelitian adalah siswa kelas VII di Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah intrumen angket. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif yaitu 4, 8 %.Terbukti dari hasil perhitungan analisis regresi sederhana yang diperoleh dari koefisien determinasi yaitu Rsquare= 0, 048 x 100 = 4, 8 %. Jadi, 4, 8% variabel motivasi belajar dapat dipengaruhi pemberian penguatan sebanyak 4, 8 %. Jadi, dapat diketahui bahwa : bahwa pemberian penguatan berpengaruh positif terhadap motivasi belajar.Bahwa pemberian penguatan dan motivasi belajar memiliki regresi linearitas, tetapi tidak signifikan. Pemberian penguatan berpengaruh terhadap motivasi belajar sebanyak 4, 8%
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 400. Bahasa > 410. Linguistics (Linguistik, Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 02:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 02:13 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1339 |
Actions (login required)
View Item |