Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan Media Pembelajaran Biologi berupa Torso pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII.

Hesty, Mirviasari and Nevrita, Nevrita and Nur Eka Kusuma, Hindrasti (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Biologi berupa Torso pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Hesty Mirviasari_150384205038_Pendidikan Biologi - Hesty Mirvias.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Torso sistem pencernaan manusia merupakan suatu media pembelajaran Biologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran biologi berupa torso sistem pencernaan manusia yang valid, praktis dan efektif untuk kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahap pengembangan yaitu: Analysis (analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis peserta didik) tahap kedua yaitu Design (perancangan media dan buku panduan), tahap ketiga yaitu Development ( Penyusunan instrumen validasi aspek materi dan media, instrumen praktikalitas serta instrumen efektivitas berupa soal kognitif d an angket keterampilan proses sains) tahap keempat yaitu Implementation (Uji Praktikalitas dan Uji Efektivitas) dan tahap terakhir yaitu tahap Evaluation pada tahap evaluasi ini dilakukan revisi dan perbaikan terakhir terhadap media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan masukan dan hasil validasi. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran biologi berupa torso sistem pencernaan manusia diketahui bahwa penilaian validitas aspek materi dan aspek media dikategorikan ”sangat valid”. Hasil uji praktikalitas oleh guru dan siswa dikategorikan “sangat praktis”. Hasil uji efektivitas aspek kognitif dan psikomotor dikategorikan “sangat efektif”. Dengan hasil tersebut maka media pembelajaran biologi berupa torso sistem pencernaan manusia dinyatakan sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 25 Jul 2021 02:35
Last Modified: 25 Jul 2021 02:36
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1345

Actions (login required)

View Item View Item