Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan Alat Peraga Gerhana Matahari dan Bulan Sebagai Media Pembelajaran IPA Kelas VII SMP

Karina, Karina and Bony, Irawan and Nur Eka Kusuma, Hindrasti (2020) Pengembangan Alat Peraga Gerhana Matahari dan Bulan Sebagai Media Pembelajaran IPA Kelas VII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Karina_160384205040_Pendidikan Biologi - 160384205040 Karina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Alat peraga gerhana matahari dan bulan merupakan media alat bantu dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media alat peraga gerhana matahari dan bulan yang valid dan praktis sebagai media pembelajaran pada sub materi gerhana matahari dan bulan kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi dari model ADDIE. Penelitian ini dilakukan melalui 5 tahapan yaitu: 1) Analysis atau analisis (analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis peserta didik), 2) Design atau perancangan (merancang media alat peraga gerhana matahari dan bulan dan penyusunan buku panduan penggunaan alat peraga gerhana matahari dan bulan), 3) Development atau pengembangan (menguji tingkat validitas media alat peraga gerhana matahari dan bulan), 4) Implementation atau penerapan (menguji tingkat praktikalitas media alat peraga gerhana matahari dan bulan) dan 5) Evaluation atau penilaian (mengukur ket ercapaian tujuan pengembangan produk dan memberikan nilai terhadap suatu program pembelajaran). Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan media alat peraga gerhana matahari dan bulan diperoleh hasil rata rata validasi oleh ahli media sebesar 84,09% dan 78% oleh ahli materi dengan kriteria “valid”. Hasil penilaian praktikalitas oleh guru sebesar 82,5% dan penilaian praktikalitas oleh siswa sebesar 77,2% dengan kriteria “praktis”. Dari hasil tersebut, maka alat peraga gerhana matahari dan bulan sebagai media pembelajaran IPA kelas VII dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan siswa kelas VII SMP pada proses pembelajaran di dalam kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 501. Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 25 Jul 2021 03:50
Last Modified: 25 Jul 2021 03:50
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1362

Actions (login required)

View Item View Item