Juwita, Athia Utswatun Hasanah and Sri, Wahyuni and Rahma, Syafitri (2020) RASIONALITAS KONSUMEN DALAM MEMILIH OJEK KONVENSIONAL SEBAGAI SARANA TRANSPORTASI UMUM DI KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
JuwitaAthiaUtswatunHasanah_150569201006_Sosiologi.pdf - juwita athia.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Sarana transportasi sangat penting peranannya terutama untuk meningkakan keterjangkauan suatu wilayah. Dengan adanya sarana transportasi akan membuka isolasi atau daerah-daerah terpencil yang nantinya akan ikut berkembang seperti di daerah-daerah lainnya. Sarana transportasi yang sesuai perlu dikembangkan, yaitu berupa layanan transportasi yang dapat menjangkau pada saat kondisi jalan yang padat dengan kendaraan. Sarana transportasi yang menjadi pilihan masyarakat antara lain adalah ojek. Saat ini sarana transportasi jasa sudah mulai berkembang melalui teknologi dan muncul lah sarana transportasi melalui aplikasi berbasis online yang sudah mulai berkembang di negara Indonesia seperti aplikasi Ojek Online yang sudah mulai menyebar di wilayah perkotaan yaitu Go-jek namun masih ada juga masyarakat yang masih menggunakan jasa ojek konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rasionalitas konsumen dalam memilih transportasi umum ojek konvensional. Penelitian ini dilakukan di kota Tanjungpinang. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan masyarakat yang masih menggunakan jasa ojek konvensional sebanyak empat orang dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Adapun hasil temuan dalam penelitian ini ialah (1) Dapat dijadikan langganan yang mana pengguna ojek telah terbiasa menggunakan ojek konvensional dibandingkan ojek online serta bisa dijadikan ojek langganan dan dikaitkan dengan rasionalitas tradisional (2) Rasa aman dan nyaman, timbulnya rasa percaya terhadap ojek konvensional dan dikaitkan dengan rasionalitas afektif (3) Pilihan efektif dapat menggunakan jasa ojek konvensional tanpa sinyal internet serta sudah mengetahui jadwal konsumen dan dikaitkan dengan rasionalitas instrumental (4) harga yang ditetapkan, penetapan harga yang disetujui bersama antara pengemudi ojek konvensional dan pengguna nya tanpa merugikan pihak manapun. Kata Kunci : Rasionalitas, Ojek, Konsumen
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 303.6 Conflict Social/Konflik Sosial 300. Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 361.2 Social Action/Aksi Sosial |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | admin fisip fisip |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 07:37 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 07:37 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1407 |
Actions (login required)
View Item |