Rita, Supianti and Suhardi, Suhardi and Dian, Lestari (2020) Bentuk Majas dalam Novel Origami Hati Karya Boy Candra dan Implementasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
RITA SUPIANTI_160388201020_PBSI - 160388201023 Yuliana.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk majas perbandingan dalam novel Origami Hati karya Boy Candra. Objek penelitian adalah novel Origami Hati karya Boy Candra terbitan Media Kita pada tahun 2017. Metode penelitian ini ialah deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik baca dan catat untuk mencari kutipan yang mengandung majas perbandingan, lalu menjadikan data tersebut sebagai bahan analisis. Teknik analisis data dil akukan dengan mengklasifikasikan data, menganalisis dan menginterpretasikan majas perbandingan, menganalisis majas perbandingan yang dominan, memilah majas perbandingan untuk dilampirkan di rencana pelaksanaan pembelajaran, dan membuat kesimpulan. Hasil analisis data yang diperoleh dari majas perbandingan dalam novel Origami Hati karya Boy Candra dan implementasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama ialah majas alusio, simile, antropomorfisme, sinestesia, aptronim, hipokorisme, hi perbola, personifikasi, pars pro toto, totum pro parte, disfemisme, parabel, perifrase, dan simbolik. Adapun majas yang dominan ialah majas hiperbola, dan majas yang ditemukan diimplementasikan ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 400. Bahasa > 410. Linguistics (Linguistik, Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 09:57 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 09:57 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1423 |
Actions (login required)
View Item |