Shara, Marinetha and Eka Putra, Ramdhani and Inelda, Yulita (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Kancing Gemerincing Pada Materi Larutan Elektrolit. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
SharaMarinetha_140384204014_Kimia - 140384204014 Shara Marinetha.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Think Talk Write dan kancing- gemerincing merupakan model pembelajaran yang digunakan sebagai rangakaian penyajian materi ajar dala m penelitian ini. Materi dalam larutan elektrolit dan nonelektrolit melibatkan pemahaman siswa dalam proses berfikir dan menyampaikan pendapat dengan baik sehingga diperlukan stimulus untuk membangun aspek percaya diri salah satunya dengan penggunaan model pembelajaran Think Talk Write dan kancing gemericing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan kancing gemerincing pada materi larutan elektrolit di SMAN 6 Tanjungpinang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimen menggunakan probability sampling, dengan teknik sampel cluster karena sampel diambil dari kelompok yang sudah ada. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X IPA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 orang siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata nilai posttest menunjukkan hasil yang lebih tinggi. Hal ini dapat tunjukkan dengan rata-rata pretest – posttest berturut- turut sebesar 33 dan 83, dibuktikan dengan uji N-gain score pada kelas eksperimen sebesar 77% termasuk ke dalam kategori efektif dibandingkan sebelum diberikan perlakuan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 10:30 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 10:30 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1429 |
Actions (login required)
View Item |