Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Integrasi Multipel Representasi dalam Laboratorium Virtual pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Yunita, A’isara and Fitriah, Khoirunnisa and Ardi Widhia, Sabekti (2020) Integrasi Multipel Representasi dalam Laboratorium Virtual pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Yunita A_isara_160384204026_Kimia - 160384204026 Yunita A`Isara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Multipel representasi merupakan praktik mempresentasikan kembali konsep yang sama melalui bentuk, yang mencakup mode verbal, visual, simbolik, numerik dan sebagainya. Materi dalam larutan elektrolit dan non elektrolit melibatkan fenomena kimia yang menuntut siswa untuk memahami tiga multipel representasi. Ketiga representasi tersebut terdiri dari representasi makroskopik, representasi mikroskopik dan representasi simbolik. Pada proses pembelajaran kimia siswa masih sulit menghubungkan ketiga representasi tersebut, sehingga diperlukan integrasi multipel representasi dalam laboratorium virtual pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini mempelajari tentang bagaimana mengembangkan laboratorium virtual terintegrasi multipel representasi, mengetahui kualitas laboratorium virtual terintegrasi multipel representasi, mengetahui respon siswa dan guru terhadap laboratorium virtual terintegrasi multipel representasi. Metode yang digunakan yaitu Research and Development, dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Toapaya. Penelitian ini diuji oleh ahli materi, ahli media serta guru dan siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Toapaya sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Laboratorium Virtual Terintegrasi Multipel Representasi dinyatakan valid. Hal tersebut berdasarkan penilaian oleh ahli materi sebesar 80% dengan kategori valid dan ahli media 75.6% dengan kategori valid. Persentase praktikalitas oleh 32 siswa dan guru terhadap produk yang dikembangkan masingmasing sebesar 84,14% dan 91,66% dengan kategori keduanya adalah sangat praktis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 25 Jul 2021 13:54
Last Modified: 25 Jul 2021 13:54
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1462

Actions (login required)

View Item View Item