Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbasis Kontekstual Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Peserta Didik Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 5 Bintan

Yuntira, Sahilda and Rezky, Ramadhona and Linda, Rosmery (2020) Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbasis Kontekstual Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Peserta Didik Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 5 Bintan. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Yuntira Sahilda_160384202027_Pendidikan Matematika - eka suraningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman matematis peserta didik dengan model pembelajaran examples non examples Berbasis Kontekstual pada materi lingkaran SMP Negeri 5 Bintan. Hasil penelitian ini diperoleh dengan cara mengukur peningkatan yang terjadi pada kelas yang diberi perlakuan examples non examples Berbasis Kontekstual dan kelas dengan metode konvensional. Setelah diperoleh hasil peningkatan kemampuan pemahaman matematis, kemudian peneliti membadingkan untuk melihat peningkatan yang lebih tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian eksperimen berbentuk The Randomized Pretest-Posttest Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 5 Bintan. Penentuan sampel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam penelitian ini dilakukan dengan acak. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa terdapat peningkatan pemahaman matematis peserta didik yang diberi perlakuan model pembelajaran examples non examples Berbasis Kontekstual lebih tinggi dari pembelajaran komvensional. Hal ini terbukti dari rata-rata peningkatan kemampuan pemahaman matematis pada kelas eksperimen 0,59 sedangkan kelas kontrol 0,34. Hasil yang didapat pada uji hipotesis dengan statisik non-parametik, yaitu ManWhitney U dengan menggunakan taraf signifikan 0,05 (5%). Diperoleh perbedaan rata-rata peningktan kemampuan pemahaman matematis yang signifikan, yaitu nilai ( ) yang berarti Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman matematis peserta didik dengan model pembelajaran examples non examples Berbasis Kontekstual lebih tinggi dari pada model konensional pada materi Lingkaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 25 Jul 2021 13:57
Last Modified: 25 Jul 2021 13:57
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1463

Actions (login required)

View Item View Item