Zulfa, Dianti and Nur, Izzati and Rezky, Ramadhona (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan Konteks Kemaritiman untuk Mengasah Kemampuan Analisis Matematis Peserta Didik Kelas XI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Zulfa Dianti_150384202077_Matematika - Zulfa Dianti.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan konteks kemaritiman yang valid untuk mengasah kemampuan analisis matematis peserta didik kelas XI pada materi program linear. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu RPP, modul dan lembar tes. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Research and Development (R&D) yang berpedoman pada model ADDIE dengan pembatasan hingga pada tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (development). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yakni menggunakan angket. Instrumen yang dipersiapkan untuk mendukung pengumpulan data yaitu lembar validasi perangkat pembelajaran yang ditujukan kepada para ahli dalam bidangnya. Teknik analisis data dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif yang dianalisis melalui angket. Data yang diperoleh oleh peneliti ialah data kualitatif kemudian akan ditransformasikan menjadi data kuantitatif dengan Method of Summated Ratings (MSR). Hasil validasi yang telah dilakukan oleh masing-masing validator menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dan layak untuk dilakukan uji lapangan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 14:01 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 14:01 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1464 |
Actions (login required)
View Item |