Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengaruh Penerapan Teknik Mind Mapping Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di SMP Negeri 5 Tanjungpinang

Nolis Febry, Anggraini and Nur Eka Kusuma, Hindrasti and Trisna, Amelia (2021) Pengaruh Penerapan Teknik Mind Mapping Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di SMP Negeri 5 Tanjungpinang. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
NolisFebryAnggraini_150384205048_PendidikanBiologi - 150384205048 Nolis Febry Anggraini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penerapan teknik mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan preexperimental design berupa intact-group comparison. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Tanjungpinang pada Tahun Ajaran 2020/2021 dengan mengambil sampel yang representatif menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan sebanyak 68 siswa yang dikelompokkan menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) Instrumen Tes, untuk memperoleh data hasil belajar kognitif siswa; (2) Instrumen Angket, untuk memperoleh data respon siswa terhadap penerapan teknik mind mapping; (3) Instrumen Tes Kreativitas, untuk memperoleh data kreativitas; dan (5) Instrumen Penilaian Mind Mapping, untuk menilai hasil mind mapping siswa. Berdasarkan hasil analisis komparatif diketahui: (1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan teknik mind mapping terhadap kreativitas siswa, dan (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan teknik mind mapping terhadap hasil belajar kognitif siswa. Secara simultan melalui analisis multivariat penerapan teknik mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa diketahui menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Kekurangan pada penelitian ini adalah penerapan teknik mind mapping yang hanya dilaksanakan selama dua kali pertemuan sehingga masih banyak siswa yang belum terbiasa membuat mind mapping. Untuk mendapatkan pengaruh yang signifikan pada kreativitas memerlukan pembiasaan dalam menggunakan teknik mind mapping.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 26 Jul 2021 07:12
Last Modified: 26 Jul 2021 07:12
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1529

Actions (login required)

View Item View Item