Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Analisis Implementasi Penilaian Autentik Oleh Guru IPA Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMPN 7 Tanjungpinang

Roudhotur, Rosyidah and Trisna, Amelia and Azza Nuzullah, Putri (2021) Analisis Implementasi Penilaian Autentik Oleh Guru IPA Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMPN 7 Tanjungpinang. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Roudhotur Rosyida_130384205006_Biologi.Pdf - 130384205006 Roudhotur Rosyidah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan penilaian autentik oleh guru IPA berdasarkan kurikulum 2013 di SMPN 7 Tanjungpinang. Instrumen yang digunakan, yaitu angket tertutup, angket terbuka dan dokumentasi sebagai instrumen tambahan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitain deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan untuk angket tertutup adalah statistik deskriptif, kemudian untuk angket terbuka akan dianalisis dengan menggunakan tahap analisis data menurut model Miles and Huberman. Hasil penelitan menunjukkan bahwa semua guru IPA di SMPN 7 Tanjungpinang sudah menerapkan penilaian autentik dengan baik. Berdasarkan penelitian diperoleh data (1) perencanaan penilaian autentik sebesar 96.6%, termasuk dalam kategori sangat baik, (2) pelaksanaan penilaian autentik sebesar 71 ,25% masuk ke dalam kategori baik, (3) pelaporan penilaian autentik sebesar 67,4% masuk dalam kategori baik, (4) teknik dan instrumen penilaian sikap sebesar 68.25% masuk dalam kategori baik, (5) teknik dan instrumen penilaian pengetahuan sebesar 66% masuk dalam kategori baik, (6) teknik dan instrumen penilaian keterampilan sebesar 70,12% termasuk dalam kategori baik. Dari rata -rata keseluruhan persentase diperoleh nilai sebesar 73.43%, sehingga implementasi penilaian autentik oleh guru IPA di SMPN 7 tanjungpinang termasuk dalam kategori baik. Namun begitu, berdasarkan angket terbuka diketahui bahwa terdapat hambatan pada penerapan penilaian autentik, salah satunya adalah terbatasnya waktu pelajaran sehingga membuat guru tidak bisa menerapkan penilaian auten tik dengan maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 26 Jul 2021 07:18
Last Modified: 26 Jul 2021 07:18
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1532

Actions (login required)

View Item View Item