Sri Ayu, Isnaeni and Nur Eka Kusuma, Hindrasti and Bony, Irawan (2021) Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Biologi dalam Merencanakan Pembelajaran Terintegrasi Keterampilan Proses Sains. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
SriAyuIsnaeni_160384205019_PendidikanBiologi - 160384205019 Sri Ayu Isnaeni.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa pendidikan biologi dalam merencanakan pembelajaran terintegrasi keterampilan proses sains (KPS). Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi angkatan 2017 yang telah mengikuti pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan jumlah 32 mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian RPP yang terdiri dari tiga komponen yaitu 1) tujuan penbelajaran 2) langkah-langkah pembelajaran 3) penilaian. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada komponen tujuan pembelajaran memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,5% dengan kategori sangat baik. Pada komponen langkah-langkah pembelajaran memperoleh nilai rata-rata sebesar 50% dengan kategori kurang. Kemudian untuk komponen penilaian memperoleh nilai rata-rata sebesar 46,8% dengan kategori kurang. Hasil ini memberikan gambaran bahwa mahasiswa Pendidikan Biologi memiliki kemampuan yang cukup untuk merancang RPP yang terintegrasi Keterampilan Proses Sains dengan nilai rata-rata sebesar 61,43%
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 07:31 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 07:31 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1537 |
Actions (login required)
View Item |