Khairul, Ikhsan and Rumzi, Samin and Edy, Akhyary (2020) TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG DINAMIS DALAM PENYELENGGARAAN MAL PELAYANAN PUBLIK KOTA BATAM. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Khairul Ikhsan_160563201045_Ilmu Administrasi Negara - Khairul Ikhsan.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Batam merupakan kota industri yang menjadi primadona bagi dunia penanaman modal di Kepulauan Riau dan Indonesia secara umum. Tetapi berbagai permasalahan turut hadir di Kota Batam antara lain carut-marut dan lambatnya pengurusan perizinan penanaman modal yang rumit dan tidak pasti mengakibatkan munculnya fenomenologi terkini yaitu perkembangan realisasi PMA Indonesia per triwulan tahun 2019 yang mengalami stagnansi ketimbang PMDN Indonesia per triwulan tahun 2019. Fenomena tersebut pun mempengaruhi realisasi PMA Batam tahun 2019 yang mengalami penurunan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya di periode yang sama. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana tata kelola pemerintahan yang dinamis dalam penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik Kota Batam serta hambatan yang dominan dalam mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode gabungan (mix methods) yaitu memadukan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam hal metodologi. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu Wali Kota Batam yang juga sekaligus menjabat Kepala BP Batam, Kepala DPMPTSP Kota Batam dan Kepala Satuan Bidang Penanaman Modal Direktorat Penanaman Modal dan Pelayanan Lalu Lintas Barang BP Batam dan 384 sampel yang merupakan masyarakat Batam yang terkena dampak langsung dari pelayanan institusi tersebut. Teknik pengumpulan data yaitu melakukan observasi, wawancara, penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sedangkan untuk teknik analisis kuantitatif yaitu uji validitas data, reliabilitas data dan frekuensi deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tata kelola pemerintahan yang dinamis dalam penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik Kota Batam telah dinyatakan dinamis baik dari pandang stakeholder dan masyarakat Batam yang terdiri dari orang yang berkemampuan (able people) sebesar 3,93, proses yang cerdas (agile processes) sebesar 3,85, berpikir ke depan (thinking ahead) sebesar 3,84, berpikir kembali (thinking again) sebesar 3,77 dan berpikir melintas (thinking across) sebesar 3,27. Mal Pelayanan Publik Kota Batam dapat dinyatakan sebagai salah satu institusi yang dinamis karena adanya ide baru, upgrading yang berkelanjutan, adaptasi yang fleksibel dan inovasi yang kreatif dalam penyelenggaraan yang lebih dinamis dalam tentunya proses kerja dari institusi ini harus mampu untuk berpikir ke depan dalam mengantisipasi, berpikir kembali untuk mengevaluasi penyelenggaraan pelayanan, dan mampu untuk belajar dari pengalaman baik itu dari pegawai maupun institusi lain. Kata Kunci : Tata Kelola Pemerintahan, Kemampuan, Dinamis, Integrasi, Mal Pelayanan Publik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan 300. Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362 Social Welfare, Problems and Services/Kesejahteraan Sosial, Permasalahan dan Layanan Sosial |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | admin fisip fisip |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 08:22 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 08:22 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1553 |
Actions (login required)
View Item |