Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

STRATEGI MASYARAKAT DESA DALAM MENGEMBANGKAN OBJEK WISATA GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING DI DESA PENGUDANG, KECAMATAN TELUK SEBONG, KABUPATEN BINTAN.

SITI, FATIMAH BELLA SUHADA and JAMHUR, POTI and IMAM, YUDHI PRASTYA (2020) STRATEGI MASYARAKAT DESA DALAM MENGEMBANGKAN OBJEK WISATA GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING DI DESA PENGUDANG, KECAMATAN TELUK SEBONG, KABUPATEN BINTAN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
SITI FATIMAH BELLA SUHADA_140563201037_ILMU ADMINISTRASI NEGARA - rindu cynthia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Desa Pengudang cukup diminati oleh turis lokal maupun asing perlu adanya strategi dari masyarakat setempat yang dapat menciptakan daya saing bisnis yang kuat agar wisatawan tidak hanya melirik wisata yang dikelola oleh swasta saja, melainkan wisata yang dikelola oleh masyarakat asli daerah tersebut juga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Masyarakat Desa dalam Mengembangkan Objek Wisata Guna Meningkatkan Daya Saing di Desa Pengudang, Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif ini peneliti akan memberikan gambaran sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta sesuai ruang lingkup penelitian. Dengan informan berjumlah 5 orang terdiri dari pemerintah dan masyarakat Hasil penelitian ini adalah dalam dimensi obyek dan daya tarik wisata, ditemukan bahwa untuk jalan yang ada di Desa Pengudang masih sangat kurang, masyarakat selama ini sudah mencoba memberikan masukan lewat kegiatan musrenbang namun belum mendapat tanggapan yang serius dari pemerintah, dimensi sarana wisata ditemukan bahwa di Desa Pengudang sudah ada beberapa homestay, kemudian transportasi, fasilitas umum, dimensi Tata laksana (infrastruktur) ditemukan bahwa pembangunan fisik yang terlihat saat ini adalah pembangunan jalan saja, kalau untuk pembangunan lainnya apalagi yang mendukung wisata sangat minim, Kemudian dimensi Masyarakat (lingkungan) ditemukan bahwa masyarakat sudah mengupayakan untuk membangun kedekatan terhadap wisatawan dengan mengadakan kegiatan seperti halnya pameranpameran yang mempromosikan potensi wisata yang ada di Desa Pengudang yang nantinya akan menarik wisatawan luar. Kesimpulan dalam penelitian ini ditemukan bahwa masyarakat desa Teluk Sebong dalam mengembangkan objek wisata belum optimal namun ada beberapa yang masih perlu diperhatikan untuk jalan yang ada di desa mereka namun namun masih ada yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah yaitu sarana dan prasarana, disamping itu juga diharapkan dari pihak swasta dapat terlibat dalam pengembang objek wisata tersebut yang tujuannya untuk meningkatkan sektor ekonomi daerah dan masyarakat. Kata Kunci : Strategi, Pariwisata, Masyarakat desa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 302.23. Media Komunikasi, Media Massa
300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara > 353.7 Administration of Culture and Related Activities/Departemen Kebudayaan dan yang Berkaitan
300. Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362 Social Welfare, Problems and Services/Kesejahteraan Sosial, Permasalahan dan Layanan Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: admin fisip fisip
Date Deposited: 27 Jul 2021 04:43
Last Modified: 27 Jul 2021 04:43
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1596

Actions (login required)

View Item View Item