Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis ProcessOriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada Materi Termokimia

Ade Christy Lestari, Hutapea and Fitriah, Khoirunnisa and Nina, Adriani (2021) Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis ProcessOriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada Materi Termokimia. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
AdeChristyLestariHutapea_160384204023_PendidikanKimia.docx - Ade Christy Lestari Hutapea.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Bahan ajar sangat dibutuhkan oleh peserta didik sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran dan dapat digunakan sebagai sumber belajar. Salah satu bahan ajar adalah Lembar Kerja Siswa (LKPD). Namun LKPD yang beredar di sekolah berisi lebih banyak penekanan pada pertanyaan dan pengisian pertanyaan tanpa menuntut peserta didik untuk menemukan konsep materi tersendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui proses pengembangan LKPD Elektronik berbasis POGIL pada materi termokimia; 2) mengetahui tingkat validitas LKPD Elektronik berbasis POGIL pada materi termokimia; dan 3) mengetahui tingkat praktikalitas LKPD Elektronik berbasis POGIL pada materi termokimia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tahapan Analysis (analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) dan Implementation (implementasi). Pengumpulan data di SMKN 5 Tanjungpinang dengan 1 guru kimia dan 25 peserta didik. Hasil penelitian: 1) dihasilkan LKPD Elektronik berbasis POGIL dalam bentuk website liveworksheet.com; 2) LKPD Elektronik berbasis POGIL pada materi termokimia kriteria sangat valid dengan hasil uji ahli media diperoleh persentase sebesar 93%, dan hasil uji ahli mater i diperoleh persentase sebesar 90%, sangat layak digunakaan oleh guru dan peserta didik; 3) praktikalitas LKPD Elektronik berbasis POGIL pada materi termokimia oleh guru diperoleh persentase sebesar 100% kriteria sangat praktis, dan praktikalitas media oleh peserta didik diperoleh persentase sebesar 92% kriteria sangat praktis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 27 Jul 2021 05:43
Last Modified: 27 Jul 2021 05:43
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1625

Actions (login required)

View Item View Item