Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan Game Edukasi Drag and Drop Berbasis Android pada Materi Tata Nama Senyawa Kimia kelas X SMA

Fachrian, Bachri and Fitriah, Khoirunnisa and Ardi Widhia, Sabekti (2021) Pengembangan Game Edukasi Drag and Drop Berbasis Android pada Materi Tata Nama Senyawa Kimia kelas X SMA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Fachrian Bachri_170384204039_pendidikankimia - 170384204039 Fachrian Bachri_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Sebagai upaya mengurangi resiko penularan virus corona, diantara langkah preventif yang telah diambil pemerintah adalah belajar dari rumah. Pembelajaran dalam jaringan menggunakan jaringan internet dengan aksesibilitas, konektivitas, fleksibilitas, dan kemampuan memunculkan interaksi pembelajaran dapat dikemas dalam sebuah media pembelajaran. Game edukasi sebagai sebuah media pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan seperti pemikiran strategis, perencanaan, komunikasi, pengambilan keputusan, dan menghadirkan pengalaman belajar yang menarik bagi peserta didik. Metode drag and drop digunakan dengan tahapan klik dengan mouse atau jari dan menahan klik untuk dipindahkan ke tempat lain. Peserta didik kesulitan memahami materi tata nama senyawa kimia dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mempelajari tentang bagaimana mengembangkan, menguji tingkat validitas, dan praktikalitas dari game edukasi drag and drop. Metode yang digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah pendidik dan peserta didik kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Tanjungpinang. Penelitian ini diuji oleh ahli materi, ahli media, pendidik, dan peserta didik sebagai responden. Hasil penelitian menunjukk an bahwa game edukasi drag and drop dinyatakan valid. Hal tersebut berdasarkan penilaian oleh ahli materi sebesar 80% dengan kategori valid dan penilaian oleh ahli media sebesar 90% dengan kategori sangat valid. Persentase praktikalitas oleh pendidik sebesar 94.6% dengan kategori sangat praktis dan persentase praktikalitas peserta didik sebesar 91.3% dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 27 Jul 2021 05:52
Last Modified: 27 Jul 2021 05:52
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1627

Actions (login required)

View Item View Item