Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan Instrumen Penilaian Jenis Uraian untuk Menguji Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Stoikiometri di SMK Kesehatan

Jesika Melshandy, Lubis and Inelda, Yulita and Eka Putra, Ramdhani (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Jenis Uraian untuk Menguji Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Stoikiometri di SMK Kesehatan. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
JesikaMelshandyLubis_160384204003_PendidikanKimia - 160384204003 Jesika Melshandy Lubis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Kemampuan literasi sains merupakan kemampuan menggunakan pengetahuan sains, mengidentifikasi pertanyaan, dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti dalam rangka memahami perubahan alam. Secara umum kemampuan literasi sains peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah, maka dibutuhkan instrumen yang dapat melatih serta menguji kemampuan literasi sains tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian jenis uraian untuk menguji kemampuan literasi sains siswa pada materi stoikiometri di SMK Kesehatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan model Penelitian Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap penilaian kebutuhan, tahap desain, dan tahap pengembangan dan implementasi. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari dosen Universitas Maritim Raja Ali Haji sebagai validator dan siswa SMK Kesehatan Widya Tanjungpinang sebagai subjek uji coba produk. Hasil validasi ahli instrumen penilaian jenis uraian untuk menguji kemampuan literasi sains siswa pada materi stoikiometri diperoleh hasil 80% dengan kriteria valid. Instrumen penilaian diimplementasikan pada 20 orang siswa di SMK Kesehatan Widya Tanjungpinang dengan hasil reliabilitas 0,83 termasuk kriteria sangat tinggi serta hasil validasi empiris dengan 4 soal dalam kategori validitas sangat tinggi, 2 soal dalam kategori tinggi, dan 4 soal dalam kategori cukup. Hasil analisis kemampuan literasi sains siswa di SMK Kesehatan Widya Tanjungpinang diperoleh persentase rata-rata 45,4% dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang dikembangkan dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian jenis uraian untuk menguji kemampuan literasi sains siswa pada materi stoikiometri valid dan reliabel untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 27 Jul 2021 06:14
Last Modified: 27 Jul 2021 06:14
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1632

Actions (login required)

View Item View Item