Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X IPA Tentang Sifat Partikulat Zat

Kartika, Hismawati and Ardi Widhia, Sabekti and Nina, Adriani (2021) Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X IPA Tentang Sifat Partikulat Zat. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Kartika Hismawati _ 160384204027 _ Pendidikan Kimia - 160384204027 Kartika Hismawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Miskonsepsi pada siswa sangat penting untuk diidentifikasi, agar kesalahpahaman siswa pada pembelajaran kimia tidak terjadi terus-menerus. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan miskonsepsi siswa kelas X IPA pada materi partikulat zat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kuantitatif. Adapun penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Palmatak Kabupaten Kep. Anambas dan SMA Negeri 1 Pulau Tiga Kabupaten Kep. Natuna yang berjumlah 71 siswa kelas X IPA. Instrumen penelitian ini adalah tes tertulis twotier diagnostic berjumlah 11 item. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada konsep 1 rata-rata persentase tingkat miskonsepsi sebesar 63,73% dengan kategori tinggi. Pada konsep 2 rata-rata persentase tingkat miskonsepsi sebesar 64,79% dengan kategori tinggi. Pada konsep 3 rata-rata persentase sebesar 61,97% dengan kategori tinggi. Sehingga miskonsepsi yang terjadi pada siswa SMA Negeri 1 Palmatak dan SMA Negeri 1 Pulau Tiga tergolong miskonsepsi “tinggi”. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pola jawaban benar-salah dan salah benar. Dengan demikian, perlu dilakukan pendalaman materi sifat partikulat zat pada siswa untuk mengatasi miskonsepsi yang terjadi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 27 Jul 2021 06:17
Last Modified: 27 Jul 2021 06:17
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1634

Actions (login required)

View Item View Item