Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengambangan Media Pembelajaran Elektronik Permainan Ular Tangga Menggunakan Pendekatan SETS pada Materi Laju Reaksi

Mira, Santika and Nina, Adriani and Inelda, Yulita (2021) Pengambangan Media Pembelajaran Elektronik Permainan Ular Tangga Menggunakan Pendekatan SETS pada Materi Laju Reaksi. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Mira Santika_160384204024_kimia - Mira Santika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penggunaan media pembelajaran elektronik permainan ular tangga menggunakan pendekatan SETS pada saat pembelajaran menjadi salah satu solusi mengurangi beban guru dalam melakukan proses pembelajaran. Media pembelajaran elektronik permainan ular tangga menggunakan pendekatan SETS ini dikembangkan untuk membuat siswa termotivasi dan bersema ngat dalam melakukan pembelajaran sehingga pembelajaran yang disampaikan guru dapat dipahami dengan mudah oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui pengembangan media pembelajaran elektronik permainan ular tangga menggunakan pendekatan SETS pada materi laju reaksi, 2) mengetahui tingkat validitas materi dan media pada media pembelajaran elektronik permainan ular tangga menggunakan pendekatan SETS pada materi laju reaksi dan 3) mengetahui praktikalitas media pembelajaran elektronik permainan ular tangga menggunakan pendekatan SETS pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Tetapi penulis membatasi hanya sampai pada tahap implementation. Subjek penelitian adalah 32 siswa SMA Negeri 2 Tanjungpinang kelas XII MIA dan 1 orang pendidik. Hasil penelitian : 1) dihasilkan media pembelajaran elektronik permainan ular tangga menggunakan pendekatan SETS pada materi laju reaksi dalam bentuk software android packge (apk) pada android, 2) media pembelajaran elektronik permainan ular tangga menggunakan pendekatan SETS pada materi laju reaksi memenuhi kriteria sangat valid hasil uji ahli materi diperoleh presentase 92% dan hasil uji ahli media diperoleh presentase 84%, 3) praktikalitas media pembelajaran elektronik permainan ular tangga menggunakan pendekatan SETS pada materi laju reaksi pada uji skala kecil diperoleh presentase 96% dengan kriteria sangat praktis, uji coba skala besar diperoleh presentase 82,75% dengan kriteria praktis dan hasil praktikalitas oleh pendidik diperoleh presentase 100% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran elektronik permainan ular tangga menggunakan pendekatan SETS pada materi laju reaksi valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 27 Jul 2021 06:22
Last Modified: 27 Jul 2021 06:22
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1636

Actions (login required)

View Item View Item