Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan LKPD dengan Pendekatan STEM untuk Peserta Didik Kelas X pada Materi Hukum Dasar Kimia

Renti, Oktaria and Inelda, Yulita and Nina, Adriani (2021) Pengembangan LKPD dengan Pendekatan STEM untuk Peserta Didik Kelas X pada Materi Hukum Dasar Kimia. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
RentiOktaria_160384204032_PendidikanKimia.pdf. - 160384204032 Renti Oktaria.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini menghasilkan LKPD dengan pendekatan STEM pada Materi Hukum Dasar Kimia, yang melatar belakangi penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran pada saat pembelajaran yang mengakibatkan peserta didik kurang tertarik saat pembelajaran berlangsung. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran STEM (Sience, Technology, Engeneering and Mathematics) terhadap respon dan pemahaman konsep peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research & Development), dengan model 4D (Define, Design, Development and Desiminate). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Tanjungpinang dengan sampel penelitian berjumlah 35 orang yang terdiri dari 2 skala, yaitu skala kecil dengan jumlah peserta didik 5 orang dan skala besar berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara untuk mengetahui analisis kebutuhan yang dibutuhkan, lembar validasi untuk mengetahui kelayakan LKPD sebelum di uji cobakan dan hasil validasi dinyatakan “layak” untuk di uji cobakan dengan hasil validasi media 97% dan dikategorikan “sangat valid” serta hasil validasi materi 80% dengan kategori “valid”. Sedangkan angket respon guru dan peserta didik untuk mendapatkan respon dari guru dan peserta didik terhadap LKPD yang telah dikembangkan. Hasil penelitian ini meliputi angket respon praktikalitas guru dengan jumlah skor 70% dengan kategori “praktis”, untuk hasil angket respon praktikalitas peserta didik skala kecil berjumlah 90% dengan kategori “sangat praktis”, serta angket respon praktikalitas peserta didik skala besar berjumlah 75% dengan kategori “praktis”. Berdasarkan hasil penelitian, maka LKPD dengan pendekatan STEM yang dikembangkan layak digunakan pada saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 27 Jul 2021 06:37
Last Modified: 27 Jul 2021 06:37
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1640

Actions (login required)

View Item View Item