Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learningdilengkapi Teka-teki Silang pada Materi Segiempat dan Segitiga Kelas VII SMP

Aminingsih, Aminingsih and Nur, Izzati and Linda, Rosmery (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learningdilengkapi Teka-teki Silang pada Materi Segiempat dan Segitiga Kelas VII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Aminingsih_160384202013_Pendidikan_Matematika___160384202013_Aminingsih-compress3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Permasalahan yang dihadapi peserta didik dalam proses pembelajaran salah satunya adalah kurangnya bahan ajar yang mengaitkan materi ke dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Untuk itu perlu dikembangkan bahan ajar yang mampu mengaitkan materi kedalam kehidupan-sehari-hari peserta didik tersebut. Peserta didik merasa senang jika pada saat pembelajaran dikaitkan dengan sebuah permainan seperti bermain tebak-tebakan. Salah satu permainan tebak-tebakan adalah teka-teki silang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dilengkapi teka-teki silang pada materi segiempat dan segitiga kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah Research and Developmentdengan mengacu pada model 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap validasi oleh ahli tanpa uji coba langsung ke lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif dengan melalui angket. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian teman sejawat dan lembar validasi oleh ahli. Data dianalisis dengan analisis deskriptif. Data yang diperoleh adalah data kualitatif yang kemudian diubah menjadi data kuantitatif menggunakan msr (method of summated ratings). Berdasarkan penilaian ahli materi memperoleh rata-rata sebesar 60,23% dengan kategori valid, ahli bahasa memperoleh rata-rata sebesar 63,64% dengan kategori valid, kemudian berdasarkan ahli media memperoleh rata-rata sebesar 68,97% dengan kategori valid. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dilengkapi teka-teki silang yang dikembangkan dinyatakan valid.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 27 Jul 2021 07:03
Last Modified: 27 Jul 2021 07:04
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1650

Actions (login required)

View Item View Item